Thursday, November 3, 2011


 
Layanan Bimbingan “Pemberian Informasi” 
di Fakultas Psikologi USU


         1. Dilihat dari tipe-tipe informasinya
a.       Informasi tentang pendidikan
-          Di fakultas Psikologi USU terdapat grup FB yang bernama “Satukan Hati untuk Psikologi USU” yang dapat digunakan oleh para dosen maupun mahasiswa baik yang masih aktif maupun yang sudah alumni untuk saling memeberikan informasi mengenai aktivitas akademis, perkuliahan, maupun informassi-informasi lain yang berhubungan dengan psikologi.
-          Di Psikologi USU juga terdapat mading untuk menempelkan informasi tertulis.

Saran: Sebaiknya informasi yang dibagi melalui Facebook tidak dalam bentuk grup, karena sering kali informasi yang tidak adapenting komentarnya menjadi mundur urutannya ke bawah, sehingga sering kali mahasiswa ketinggalan informasi yang penting tersebut karena tertutup info lain yang banyak dikomentari sebelumnya.

b.      Informasi tentang dunia pekerjaan
-          Di Psikologi USU terdapat informasi tentang dunia pekerjaan yang bersangkutan dengan mata kuliah tertentu, yang disampaikan oleh dosen pengampuh mata kuliah itu sendiri di kelas mata kuliah tersebut.
-          Dalam grup fb “Satukan Hati untuk Psikologi USU” juga sering terdapat informasi mengenai pekerjaan dari dosen-dosen maupun anggota lain dari grup  tersebut.
-          Pada mading yang terdapat di fakultas Psikologi USU juga terdapat banyak info mengenai pekerjaan.
      
      Saran:  Sebaiknya dosen PA membicarakan secara individual dengan mahasiswanya, pekerjaan berkualitas yang sesuai dengan terlebih dahulu mencari informasi mengenai pekerjaan-pekerjaan tersebut.

c.       Informasi tentang pemahaman terhadap sesama manusia.
Dalam grup fb “Satukan Hati untuk Psikologi USU” dan di kelas-kelas mata kuliah tertentu dosen sering membagikan informasi Psikologi yang baik untuk mengembangkan karakter yang positif pada mahasiswa, baik dalam bentuk informasi, artikel, link, maupun motivasi.

Saran: Para dosen lebih sering lagi membagikan informasi yang dapat membangun karakter positif pada mahasiswa, sehingga menjadi mahasiswa yang siap terjun ke dunia kerja sesuai dengan background­-nya Psikologi dan dapat membawa nama baik Psikologi USU dalam masyarakat sekitarnya.

2. Dari segi tujuan pemberian informasi itu sendiri, di Psikologi USU sudah sesuai yakni memberikan para siswa pengetahuan tentang data dan fakta di bidang pendidikan (misalnya, yang terdapat di grup Satukan Hati untuk Psikologi USU), tentang pekerjaan (misalnya yang disampaikan oleh dosen PA, dosen mata kuliah, juga terdapat di grup fb), serta perkembangan pribadi (misalnya, info yang dibagi di grup Satukan Hati untuk Psikologi USU, banyak yang berguna dalam pengembangan pribadi yang positif pada mahasiswa) supaya mahasiswa dapat belajar tentang lingkungan hidupnya dan mengatur serta merencanakannya.

Saran: Tujuan pemberian informasi di Psikologi USU sudah sesuai, sudah memberikan informasi yang relevan dengan mahasiswa.

3. Berdasarkan bentuk-bentuk informasi itu sendiri, di Psikologi USU sudah tergolong lengkap. Ada dalam bentuk komputer (grup fb), lisan (dari dosen di kelas), dan tulisan (di mading).
Saran: Bentuk-bentuk informasi di Psikologi USU sudah sangat baik karena disesuaikan juga dengan perkembangan teknologi dan minta mahasiswa seperti grup fb.

No comments:

Post a Comment